Kasus Suap Sofyan Basir, Jadi Tersangka Dan Dinon-aktifkan



Direktur Utama Perusahaan Listrik Negara (PLN) Sofyan Basir ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan suap proyek PLTU Riau-1 oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Dikutip dari CNNIndonesia, Berdasarkan data di situs e-LHPKN KPK yang diakses pada Selasa (23/4), Sofyan terakhir kali menyerahkan LHKPN pada 31 Juli 2018. Dalam laporan itu Sofyan memiliki harta berjumlah Rp 119.962.588.941.

Diketahui KPK menetapkan Sofyan Basir sebagai tersangka kasus suap PLTU Riau-1. Sofyan diduga menerima janji dengan mendapatkan bagian yang sama besar dengan terpidana Mantan Sekretaris Jenderal Golkar Idrus Marham dan Wakil Ketua Komisi VII Eni Maulani Saragih.

Wakil Ketua KPK Saut Situmorang mengatakan pihaknya menduga Sofyan telah menerima uang dari Johanes Budisutrisno Kotjo selaku pemegang saham Blackgold Natural Resources Ltd. 

DINON-AKTIFKAN DARI JABATANYA.

Berkaitan dengan kasus dugaan suap tersebut, Direktur Utama PT PLN Sofyan Basir telah dinonaktifkan dari posisinya oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Penonaktifan dilakukan sebagai tindak lanjut atas langkah KPK yang menetapkan Sofyan Basir sebagai tersangka dalam kasus suap PLTU Riau-1.

Kepastian tersebut disampaikan oleh Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata Kementerian BUMN Edwin Hidayat Abdullah. Ia mengatakan selain menonaktifkan Sofyan, Kementerian BUMN juga sudah menunjuk pelaksana tugas direktur utama PLN.

Seperti yang diketahui sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Direktur Utama Perusahaan Listrik Negara (PLN) Sofyan Basir sebagai tersangka suap. Ia diduga terlibat suap dalam proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Riau-1.


Sofyan dituding berperan dalam membantu Blackgold melalui anak usahanya PT Samantaka Batu bara untuk mendapatkan proyek PLTU Riau-I. Samantaka akan memasok kebutuhan batu bara untuk pembangkit listrik tenaga uap mulut tambang itu (CNNIndonesia).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kasus Suap Sofyan Basir, Jadi Tersangka Dan Dinon-aktifkan"

Posting Komentar