Kamu Perlu Berhenti dari Rutinitasmu!



Can’t break the routine fists held high
But so weak
You’ll never say a thing
Just a number not a human being
(Lyric ‘Break the Routine’ : Black Coast)



Rutinitas adalah melakukan sesuatu secara terus menerus. Beberapa orang mempercayai kekuatan dari rutinitas, yang akan memelihara energi untuk fokus pada sesuatu yang diinginkan. Bahkan ada pepatah mengatakan, ‘Bisa karena biasa.’ Jika kamu ingin menguasai bidang tertentu, dalami bidang itu hingga menjadi kebiasaan. Maka, kamu akan menjadi master dan ahli. Tapi terkadang, rutinitas menjadikan kita seperti mesin, otot-otot otak kita tidak bekerja karena semuanya serba otomatis.


Salah satu bagian terbaik dari rutinitas adalah menghentikannya

Sebuah rutinitas akan selalu membawamu bergerak pada tugas meskipun tugas itu berubah menjadi lebih sulit. Hal ini juga sekaligus memberimu ruang dan struktur untuk berhenti ketika memungkinkan. Kemudian kamu akan merasakan keseimbangan dalam hidupmu. Terkadang menghentikan rutinitas adalah sesuatu yang kamu butuhkan. Menurut Edward de Bono, seorang bapak Lateral Thinking, seseorang tidak akan menemukan hal baru dan merasakan hidup yang sesungguhnya jika tidak berani melakukan aktivitas berbeda diluar rutinitasnya.

“Berani keluar dari zona nyaman dapat membantu kita menemukan hal tak terduga yang justru bisa menginspirasi dan memotivasi untuk lebih semangat menjalani hidup.” Ujarnya.  



Pelajaran hidup menempuh perjalanan 7.000 mil dengan bersepeda

Jedidiah Jenkins keluar dari pekerjaannya dan memutuskan untuk bersepeda dari Oregon (US) menuju Amerika Selatan. Perjalanan itu membutuhkan waktu 1 tahun lamanya, dan memberikan pemahaman baru tentang berhenti dari rutinitas.

“Rutinitas adalah musuh dari waktu, dan membuatnya berlalu begitu saja.” Katanya kepada National Geographic. Menurutnya, ketika kita masih anak-anak, semuanya sangat mengagumkan. Semuanya baru, dan otak kita selalu bekerja dengan aktif. Kemudian, setelah kita beranjak dewasa dan telah memahami bagaimana cara dunia bekerja, bagaimana mencari uang, bagaimana cara lulus sekolah, otak mulai membangun rutinitas dan menghentikan perhatian kita. Kemudian dia memilih melakukan perjalanan jauh dari Oregon ke Amerika Selatan, untuk berhenti dari rutinitasnya.
 
“Saya ingin lebih sadar dalam menjalani hidup. Saya tidak ingin hari-hari mengontrol saya, tidak ingin kalender menjadi bos. Saya ingin mengontrol hari saya sendiri dan memilih melakukan perjalanan karena akan mengaktifkan kembali otak saya.”
 



Keep the routine because it will make your life work for you, and then break your routine when it needs to be broken. Sometimes, breaking your routine is really important.



Sources: www.themeaningmovement.com dan National Geographic/Youtube
 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kamu Perlu Berhenti dari Rutinitasmu!"

Posting Komentar