Rahasia Mempelajari Bahasa Baru!


 
You don’t need some special talent or a ‘language gene’”, Lydia Machova.


Bahasa, sering menjadi masalah terbesar dalam berkomunikasi. Di sisi lain, manusia selalu dituntut meningkatkan keterampilan komunikasi untuk menunjang performance dan kebutuhan informasi. Sayangnya, dunia ini tidak direncanakan dengan satu bahasa dan manusia perlu mempelajari bahasa-bahasa baru untuk kebutuhan komunikasinya. Lydia Machova, seorang polyglots (seseorang yang berbicara dengan beberapa bahasa)membagikan rahasia mempelajari bahasa asing yang boring school subject menjadi menarik dan mengasyikkan.

Mempelajari bahasa asing, menurutnya, tidak harus dimulai dengan membaca bored text-book, tapi dari hal-hal yang bisa membuat enjoy seperti menggunakan aplikasi grammar, mendengarkan musik atau membaca resep makanan berbahasa asing. 


“Ketika saya mempelajari Bahasa Spanyol, saya mulai dari membaca novel Harry Potter yang telah diterjemahkan dalam Bahasa Spanyol, karena sejak kecil saya suka Harry Potter dan sudah beberapa kali membaca novelnya dalam bahasa saya. Jadi, ketika membacanya, saya sudah belajar translasi Bahasa Spanyol secara otomatis.” Katanya saat memberikan kuliah di TED New York.

Jika tidak suka membaca tulisan, bisa disiasati dengan mencari konten menarik di Youtube atau mendengarkan podcast. Jika ingin berbicara dengan orang asing tapi malu, bisa dimulai dengan ­self-talk.  


Menjadi polyglots, setidaknya ada 4 hal krusial yang harus dipenuhi.

Pertama, mencari kesenangan dan menikmati proses saat mempelajari bahasa asing.

Kedua, metode yang efektif. Mengingat kata dalam bahasa asing untuk longterm memory dapat dilakukan dengan mengulang-ulang kata setiap hari. Caranya dengan menulis words list atau menggunakan aplikasi.

Ketiga, menciptakan sistem dalam belajar. Alokasikan waktu setidaknya 15 menit di pagi hari sebelum melakukan aktivitas untuk meninjau kembali vocabs atau mendengarkan video atau podcast, karena itu adalah waktu terbaik untuk belajar. Jika sistem itu sudah terbangun, kita tidak membutuhkan extra time karena sudah menjadi rutinitas.

Terakhir, selama menjalani proses tersebut kita membutuhkan sedikit kesabaran dalam menjalani prosesnya.
 
Lydia berpesan, “Temukan metode dan cara terbaikmu mempelajari bahasa asing dan kamu akan menemukan keajaiban setiap hari.”  



Source : TED/YouTube
 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rahasia Mempelajari Bahasa Baru!"

Posting Komentar